7 MAINAN BERMANFAAT UNTUK BAYI 6 BULAN

08:53:00
Mason Moon. Sumber: Koreaboo

Usia 6 bulan, tentunya si Kecil akan terus mengejutkan anda dengan tingkahnya. Dimulai dari menggelengkan kepala untuk menolak sesuatu atau melambaikan tangannya saat ditinggal atau meninggalkan seseorang. Bayi usia 6 bulan ini juga akan gemar meniru gerak tubuh anda saat bermain dengannya.
Untuk mengasah kognitif dan motorik si kecil, diperlukan beberapa mainan agar si Kecil terlatih. Berikut 7 mainan yang bermanfaat untuk bayi 6 bulan.

1. Bola



Bola menjadi mainan yang sangat menarik untuk si Kecil. Bola juga baik untuk melatih kemampuan merangkak bayi. Ia dapat menyentuh bola sehingga menggelinding, lalu merangkak untuk meraihnya.

2. Boneka



Boneka yang lembut dan bisa dipegang atau dipeluk bisa jadi pilihan mainan yang menyenangkan untuk Si Kecil. Namun, pastikan agar boneka tidak memeiliki bagian yang berisiko tertelan dan melukai bayi, seperti tali atau benang, dan material tajam/bagian tajam yang terdapat pada boneka.

3. Activity Board



Mainan ini sangat cocok untuk bayi usia 6bulan. Bentuknya yang unik dan warnanya yang menarik, serta mengeluarkan berbagai macam bunyi saat dipencet akan membuatnya tertarik. Dan tentu juga melatih kordinasi tangan dan fungsi sensorik bayi.

4. Teether

Teether bisa berfungsi sebagai mainan,dan juga membantu mengatasi rasa tidak nyaman saat ia mengalami tumbuh gigi dan merangsang pertumbuhan giginya. Namun, pastikan juga Anda sudah mencuci dan membersihkan mainan ini dengan seksama sebelum memberikannya pada si kecil ya.

5. Buku Kain



Si Kecil juga sudah bisa diperkenalkan pada buku lho. Pilihlah buku yang materialnya terbuat dari kain dan anti robek. Anda juga bisa membeli buku sensori yang setiap halamannya berisi berbagai macam bentuk, warna, serta tekstur untuk menstimulasi bayi. Hindari buku yang berbahan kertas, karena selain mudah robek, serpihan kertas berisiko tertelan oleh Si Kecil.

6. Alat Musik




Semua mainan yang bisa mengeluarkan bunyi pasti akan menarik hati Si Kecil. Mainan alat musik juga bisa membantu melatih motorik bayi dengan cara dipukul atau dipencet sehingga menghasilkan bunyi. Si Kecil pun akan bisa belajar mengenali sumber bunyi dari mainan ini.

7. Boneka Tangan




Dengan bentuk yang unik, boneka tangan pasti mengundang ketertarikan Si Kecil untuk memainkannya. Media ini akan bisa menjalin komunikasi dengan Si Kecil serta dapat menstimulasi kemampuan bicaranya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan yang bermanfaat untuk bayi anda. Jika ada rekomendasi lainnya, boleh tulis di kolom komentar ya bu, agar kita bisa saling sharing dan bertukar ilmu. Semangat menjadi ibu yang hebat untuk bayi 6 bulan anda!

Fitri Kairi

No comments:

Powered by Blogger.