3 CIRI INI MEMBUKTIKAN BAHWA KAMU BEKERJA DI PERUSAHAAN YANG BAIK

13:21:00
Google Office. Suasana kantor yang bikin betah tinggal dikantor (source:i.pinimg.com)
Sudah seringkah kamu berpindah-pindah tempat pekerjaan? Atau kamu merasa pekerjaan kamu sekarang ini tidak memberikanmu apa-apa? Oke jadi yang akan aku bahas kali ini adalah tentang pekerjaan yang mungkin kamu tidak sadar bahwa pekerjaan ini adalah yang terbaik untukmu.

1. SALING MENGHARGAI
Yang menurutku paling crucial adalah jika seorang karyawan merasa bahwa usaha mereka tidak dihargai oleh perusahaan. Sakit bukan? Inilah alasan yang sering kali membuat perusahaan kehilangan karyawan ‘jenius’ mereka. Maka dari itu, rewards, incentive dan bonus adalah trik perusahaan agar para karyawan betah bekerja di perusahaannya. Ciri inilah yang sering aku temukan dalam dunia pekerjaan. Saat para karyawan kinerjanya bagus, perusahaan akan memberikan keinginan para karyawan ini agar mereka selalu memberikan usaha yang maksimal untuk perusahaan. Tapi, jika karyawan sudah berusaha, tetapi perusahaan tidak memberikan kebutuhan/keinginan para karyawan ini, jangan salahkan mereka jika kinerja mereka menurun atau bahkan mereka mengajukan resign. 

Sebaliknya juga, jika karyawan memang tidak pernah memberikan usaha yang maksimal pada perusahaan, jangan heran jika perusahaan tidak memberikan apapun untuk karyawannya dan malah membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman, yang tujuannya adalah agar karyawan tersebut mengundurkan diri. 

Intinya adalah saling menghargai antara perusahaan dengan karyawannya, karena mereka berdua tidak akan bisa berjalan jika tidak ada salah satu diantaranya.

2. TIDAK MELALAIKAN IBADAH
Beruntunglah jika kamu bekerja di tempat kerja yang membuatmu lebih taat pada-Nya. Shalat Dhuha, bisa. Shalat Fardu, selalu tepat waktu atau mungkin berjamaah di masjid. Puasa, tidak mengganggu pekerjaan. Lingkungan, sehat dan baik. 

Karena sesungguhnya, rezeki yang berkah itu bekerja yang halal, dimana kita tidak terlalu sibuk ataupun lupa pada-Nya. Aku, dulu pernah merasakan kerja dengan pressure yang begitu tinggi dan jam-jam sibuk, sehingga untuk beranjak dari tempat kerjapun terasa sangat berat. Lelah, tentunya. Jauh dari Tuhan, jangan sampai. Karena aku merasa saat bekerja malah menjadikanku jauh dari-Nya, aku memutuskan untuk mencari pekerjaan yang membuatku nyaman dan tepat waktu dalam beribadah walau mungkin gaji yang didapatkan tidak sebesar dengan pekerjaan yang sebelumnya. 
Hey money is everything, but your health especially your mental is way more important.
 
3. BISA MENGEMBANGKAN SKILL
Sangat sedikit sekali perusahaan yang memberikan kesempatan untuk karyawannya mengembangkan diri. Dan juga kesempatan untuk naik posisi. Sebenarnya kesempatan untuk mengembangkan diri ini, harus ada keinginan dari karyawannya. Jika karyawannya sudah merasa aman dan nyaman dalam posisi mereka. We don’t know what to do. Mungkin, tanggung jawab yang besar tidak seimbang dengan pendapatan yang didapat. Kembali lagi pada ciri nomor satu dan nomor dua. Jika saat kenaikan jabatan, karyawan tersebut sangat dihargai dan tidak menganggu ibadah lima waktu, aku yakin, banyak sekali dari mereka yang akan berlomba-lomba mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih baik.

Jika kamu merasakan tiga ciri diatas, mungkin pekerjaan kamu sekarang adalah yang terbaik untukmu. Who knows? Mungkin kamu hanya perlu bersyukur dan tidak terlalu banyak mengeluh tentang pekerjaan. 

But personally, tiga ciri diatas akan kalah jika kamu berwiraswasta. Membuka lowongan pekerjaan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Kamu bahkan tidak perlu merasakan ciri-ciri diatas, tetapi kamu yang membuat ciri-ciri tersebut sehingga karyawan kamu betah bekerja di perusahaanmu.  

Pesanku untuk semuanya dan aku sendiri adalah, jalani dulu pekerjaan yang sekarang dengan hati yang ikhlas. Jika kamu sudah merasakan ketidak-nyamanan dalam bekerja yang membuatmu berpikir “I am tired doing this sh*t”, maka resign lah, keluarlah dari lingkungan tersebut. Lalu, bangun pikiran dan hati kalian agar bersemangat kembali. Kerjakan hal yang kalian sukai. Karena sesungguhnya pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Jadi, tetap semangat!

Fitri Kairi

No comments:

Powered by Blogger.